Senin, 25 Januari 2016

Mengenal Lebih Dekat Kapal Bajak Laut Thousand Sunny Go


Gambar
Kapal Bajak Laut Thousand Sunny Go.


Bagi penggemar anime One Piece pasti sudah tidak asing lagi dengan Thousand Sunny. Yup, Thousand Sunny adalah kapal Bajak Laut Topi Jerami sebagai pengganti kapal pertama mereka, Going Merry mengakhiri petualangannya saat pertarungan besar di Enies Lobby. Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Thousand Sunny, karena menurut saya kapal ini AWESOME!!, ya walaupun Going Merry juga ga kalah keren. Oda Sensei emang keren :luffy_ngiler:

Saat ini Thousand Sunny adalah transportasi utama yang digunakan oleh Bajak Laut Topi Jerami (Mugiwara Pirates) dalam petualangannya di Dunia Baru (New World).

Gambar
Kapal Bajak Laut Thousand Sunny Go.

Kapal ini dirancang bertipe Brigantine Sloop dan dibuat oleh Franky dibantu oleh Yokozuna, Iceburg dan Tukang kayu Galley La Company yang masih tersisa. Dibuat dari kayu Adam (Kayu terbaik dan terkuat yang ada di dunia One piece dan harganya sangat muahaaaaalll). Ukuran Thousand Sunny sendiri setidaknya 2 kali lebih besar dari Going Merry dan designnya telah disesuaikan oleh Franky untuk kebutuhan dan harapan Luffy dkk.

Sejarah
Konsep Thousand Sunny merupakan mimpi Franky sejak kecil. Terinspirasi oleh karya Tom, Oro Jackson (Kapal Raja Bajak Laut, Gol D. Roger). Mimpi ini sempat hilang ketika Tom ditangkap oleh Pemerintah Dunia. Franky menyalahkan dirinya sendiri atas tertangkapnya Tom dan bersumpah tidak akan membuat kapal lagi.
Setelah insiden Enies Lobby, mimpi Franky kembali dan dia membuatkan kru Topi Jerami kapal yang dicita-citakan ketika masih kecil. Dengan kayu Adam yang dibelinya dengan uang yang dicuri anak buahnya dari Usopp. Dia merasa berhutang budi pada kru Topi Jerami setelah apa yang terjadi.
Nama Thousand Sunny adalah nama yang diusulkan Iceburg yang menggambarkan sebuah kapal yang akan mengarungi seribu lautan seperti matahari. Sebelum itu, anggota kru ingin memberi nama juga, Kebanyakan Luffy yang mengusulkan nama.... dan inilah usulannya... apalagi kalau sang Kapten yaitu si Luffy yang memberikan sebuah nama, hancur pastinya... :luffy_nyengir:
  • Bear!! Polar Bear!! Lion (Kuma!! Shirokuma!! Raion Go - Beruang!! Beruang Kutub!! Singa): Nama pertama yang diusulkan Luffy :D :v
  • Tiger!! Wolf!! Lion (Tora!! Okami!! Raion Go - Harimau!! Serigala!! Singa): Nama kedua yang diusulkan Luffy (lagi) -_-
  • Squid Octopus Chimpanzee (Ika Tako Chinpanji - Cumi-cumi Gurita Simpanse): Nama ketiga yang diusulkan Luffy (lagi, lagi) -_- :D :v
  • Dumpling Gorilla Lion (Dango Gorira Raion Go - Bakpau Gorila Singa): Nama keempat yang diusulkan Luffy (lagi, lagi dan lagi). sebenarnya nama yang keempat ini adalah salah satu permainan di jepang, silahkan lihat pengucapannya dalam bahasa Jepang, perhatikan bahwa karakter terakhir dari sebuah kata menjadi karakter pertama untuk kata berikutnya. (DanGO - GOrira, goriRA - Raion) ini disebut "shiritori" atau bisa diartikan mengambil suku kata terakhir untuk dijadikan suku kata pertama pada kata berikutnya... kayaknya di Indonesia juga ada ya??? :p, dan di Jepang permainan ini seharusnya berlanjut hingga satu orang sengaja mengatakan kata diakhiri dengan "n"... lho kenapa harus "n"? karena dalam bahasa jepang tidak ada kata yang dimulai dengan huruf "n"... eiiitsss... tunggu dulu jangan keburu protes... "n" tidak sama dengan "na", "ni", "nu", "ne" atau "no" jadi jangan diperdebatkan hehehe... aahhh... Oda sensei emang ga ada matinya...
  • Master Lionel (Raioneru Oyakata - Lionel sang Raja): Nama yang diusulkan Zoro :v
  • Darkness (Ankoku-maru - Kegelapan): Nama yang diusulkan Robin -_-
  • Monsieur Sunflower (Musshu Himawari - Tuan Bunga Matahari): Nama yang diusulkan Sanji. Beberapa mengartikan menjadi Cotton Candy Sunflower atau Kembang Gula Bunga Matahari, tapi dari beberapa literatur ternyata "Musshu" adalah cara penulisan kata Perancis "monsieur" dengan huruf katakana.
  • New Battle Franky: Lion Gang Champion (Battle Franky Baru: Geng Singa Juara) Nama yang sebenarnya diharapkan Franky. sayangnya ga dianggep ama Luffy cs ^_^
  • Brook memanggilnya dengan "Lion-chan" :D

Design Kapal dan Tampilan
Design Thousand Sunny yang menggunakan tipe Brigantine Sloop sangat tergantung pada perana sang navigator dalam pergerakannya. Kapal ini memiliki rumput di deknya, lengkap dengan ayunan dan seluncuran, juga ada tower pengintainya. Di bagian “kepala kapal”, seperti halnya Going Merry, yang digunakan sebagai simbol adalah kepala binatang. Singa adalah binatang yang dipilih untuk mewakili kapal ini, saat pertama kali melihatnya bentuk surainya dianggap seperti kelopak bunga... ahahahaha

Gambar
Design Kapal & Tampilan.

Didalam mulut Kepala Singa Thousand Sunny tersimpan meriam yang diberi nama Gaon Cannon (“Gaon” adalah bahasa Jepang untuk suara singa) sementara surainya bisa berputar seperti baling-baling yang membuat Thousand Sunny bisa bergerak mundur. Manuver ini disebut dengan Chicken Voyage.
Thousand Sunny memiliki kemudi di depan. Pada roda kemudi dapat ditemui tombol yang menghubungkan dengan soldier dock system, dan sebuah log post besar ada di belakang kemudinya. Ada juga bangku agar pengemudi merasa nyaman.
Jangkar Thousand Sunny berbentuk kaki singa yang bertempat di masing-masing sisi dekat dengan kepala kapal . Tali jangkar keluar dari cincin logam yang terdapat pada bagian belakang kepala singa Thousand Sunny.

Blueprints dan Layout
Di manga seri #46 diterbitkan Blueprints dan Layout secara detail mulai dari Ruangan Lantai 1, 2, 3 dan B1 (soldier dock system). Untuk mengetahui letak posisinya lihat bagin yang diblok hitam pada gambar kapal dibagian kiri atas gambar.

Gambar
Layout Ruangan Lantai 1.


Gambar
Layout Ruangan Lantai 2.


Gambar
Layout Ruangan Lantai 3.

Untuk Layout per ruangan juga pernah ditampilkan di One Piece Movies ke 11, OnePiece 3D: Straw Hat Chase.

Gambar
Ruang kerja Franky.

Gambar
Kamar mandi.

Gambar
Aquarium.

Gambar
Kamar kru laki-laki.

Gambar
Menara pengintai dan Ruang Observasi.

Gambar
Kamar kru Wanita.

Gambar
Perpustakaan.

Gambar
Dapur dan ruang makan.

Gambar
Ruang kesehatan.

Gambar
Pabrik kerja Usopp.

Sekarang kita akan lihat detail tiap-tiap ruangan. Cekidot.

Ruangan Lantai 1 - Kamar kru Laki-laki, Aquarium, Bar dan Ruang Energi

Gambar
Kamar kru Laki-laki ada di lantai 1 dibagian depan kapal. Di tengah kamar ini ada perapian tradisional Jepang, lengkap dengan meja dan sofa serta wastafel biasa dengan beberapa sikat gigi. Di dinding terpasang poster buruan dari masing-masing kru Laki-laki.. kecuali punya Sanji.... -_-

Tempat tidur kru laki-laki adalah buaian dari kayu dengan dua atau tiga tingkat. Di belakang tempat tidur, terdapat enam lemari tempat para anggota menyimpan pakaian mereka.
Di Lantai 1 juga ada sebuah Bar yang dikelilingi Aquarium berbentuk separuh lingkaran dengan tinggi mencapai atap. Isinya adalah ikan-ikan hasil tangkapan yang bisa dijadikan bahan masakan segar sebelum dimasak.

Gambar
Di tengah ruangan Bar terdapat tiang kapal yang terhubung dengan dapur di lantai 2 untuk distribusi makanan dan minuman. Kata Franky ruangan ini sangat cocok digunakan saat makan malam.
Dibagian belakang ruangan lantai 1 ada ruang tenaga (Energy Room) untuk maneuver Thousand Sunny.

Ruangan Lantai 2 - Kamar kru Perempuan, Dapur, Ruang makan dan Ruang kesehatan

Gambar
Kamar untuk Kru perempuan lebih rapi. Ada dua buah ranjang, sebuah kamar mandi dan meja rias. Disudut ruangan ada peti harta karun Nami. Selain itu juga dilengkapi dengan wastafel, lemari yang berisi anggur dan teh. Ada juga saluran air panas yang terhubung langsung ke dapur untuk buat teh hangat. Di masing-masing kamar Kru Laki-laki dan Perempuan juga ada bel untuk membangunkan kru ketika ada situasi gawat atau memanggil untuk berkumpul.

Dapur dan ruang makan di kapal ini mewakili sebuah restoran kecil. Dapurnya memiliki alat-alat dan perlengkapan untuk koki professional dilengkapi oven raksasa untuk memasak apapun dan kulkas raksasa dengan nomor kunci rahasia. Mau tau nomor kunci rahasianya? Tanya Sanji, Nami atau Robin ya… hehehehe. Di dapur ini juga ada bagian dari tiang utama kapal yang di dalamnya dipasangi alat untuk mengirimkan makanan dari dapur ke Bar dengan akuarium di lantai bawahnya. Sebuah Den Den Mushi juga bisa ditemukan di belakang sofa ruang makan.

Kapal ini memiliki ruang kesehatan yang tidak dimiliki oleh Going Merry. Ruang Kesehatan dilengkapi dengan berbagai macam kebutuhan medis, meja, ranjang pasien dan kursi putar favorit Chooper. Semua fasilitas ini membuat Chooper betah dan menganggap bahwa ruangan ini adalah ruang pribadinya.

Ruangan Lantai 3 – Perpustakaan, kamar mandi, Menara Pengintai dan Gym

Di bagian belakang Thousand Sunny ada sebuah ruangan berbentuk kubah. Kubah tersbut adalah sebuah kamar mandi dengan sebuah perpustakaan berbentuk melingkar yang luas dibagian bawahnya. Di masing-masing sisi kubah dipasang lampu sebagai penerangan. Melingkar sesuai bentuk ruangan terdapat tempat duduk memanjang. Di tengah ruangan terdapat meja tempat Nami menggambar peta yang berisi Log kapal dan barang-barang lainnya. Menurut Nami, perpustakaan ini adalah “Otak Sunny”.

Gambar
Di atas perpustakaan terdapat kamar mandi yang memiliki bath tub lebih luas daripada bath tub di Going Merry. Nami pernah bilang kalau berendam saat kapal sedang berlayar terasa seperti ketika berada di spa.

Gambar
Di puncak tiang utama terdapat ruangan berkaca dibeberapa sisinya yang berfungsi sebagai menara pengintai, ruangan ini merupakan tempat Zoro untuk berlatih. Dilengkapi dengan beberapa barbell dan alat-alat gym. Ruangan ini juga dilengkapi dengan teleskop dan mikrofon yang dihubungkan dengan pengeras suara yang terletak di bawah ruangan menara pengintai.

Thousand Sunny juga punya halaman diatas dapur dan ruang makan yang digunakan untuk menempatkan pohon jeruk kesayangan Nami dan Kasur bunga milik Robin.

Ruangan Dek Bawah : Soldier Dock System, Ruang Senjata Franky dan Pabrik Usopp

Ruangan dek bawah Thousand Sunny memiliki banyak fitur-fitur tambahan dan beberapa hal lain yang membuat kapal ini menjadi sangat unik, kuat dan mengagumkan.
Soldier Dock System merupakan sebuah system terdiri dari beberapa ruangan yang masing-masing memiliki fungsi yang yang unik dengan tujuan untuk mempermudah kru dan Sunny sendiri untuk melakukan manuver. Ruangan pada Soldier Dock System terdiri dari 6 ruangan yang disebut dengan Channel yang dapat berputar dengan pintu di samping kapal. Channel diberi nomor mulai dari 0 sampai dengan 4, hal ini dikarenakan Soldier Dock System terdiri dari 6 ruangan dengan 4 Channel, sedangankan Channel 0 terdiri dari 2 Ruangan yang saling membelakangi dengan fungsi Dayung-Roda yang berfungsi ketika sedang tidak ada angin seperti ketika memasuki area Calm Belt sehingga Sunny masih bisa tetap bergerak. 4 ruangan yang lain berisi kendaraan yang berbeda fungsi dan bentuknya. Nama Soldier (Prajurit) System diberikan oleh Franky yang menganalogikan tiap-tiap kendaraan dan fungsi-fungsi yang ada sebagai kumpulan prajurit dan Thousand Sunny sebagai markasnya.

Gambar
Soldier Dock System
  • Channel Zero (0): Terdiri dari dua ruangan bertolak belakang yang berisi Dayung-roda yang merubah kapal menjadi versi Paddle-Wheel Sunny. Dayung-roda ini menggunakan cola sebagai sumber tenaga geraknya. Dengan Dayung-Roda ini Thousand Sunny masih tetap bisa bergerak walaupun tidak ada angin, selain itu dayung-roda ini juga bisa berputar balik (mundur) ataupun beda putaran sehingga mempercepat maneuver saat berbelok dan bergerak bebas.
  • Channel One (1): Berisi Shiro Mokuba I (Kuda Putih I). Kuda Putih ini adalah sebuah Weaver yang mereka dapatkan dari petualangan Pulau Jaya dan Skypea yang sudah dimodifikasi oleh Franky menjadi berbentuk Kuda Putih.
  • Channel Two (2): Berisi Mini Merry II. Mini Merry adalah kapal uap kecil dengan Dayung-roda yang dibuat oleh Franky untuk mengenang Going Merry. Mini Merry II adalah kapal untuk berbelanja yang bisa diisi oleh 4 orang.
  • Channel Three (3): Berisi Submerge Shark III (Kapal Selam Hiu III). Kapal Selam yang berbentuk hiu ini bisa dinaiki 3 orang. Batas kedalaman yang bisa dicapainya adalah 5.000 meter. Kapal selam ini juga memiliki Den-Den Mushi untuk tetap berhubungan dengan Kapal Induknya.
  • Channel Four (4): Berisi Black Rhino. Yaitu sebuah Motor Gede berbentuk Badak yang terbuat dari baja hitam yang sangat tebal dan kuat
  • Channel Five (5): Berisi Branchio Cannon. Sebuah mini tank berbentuk Dinosaurus yang bisa dikombinasikan dengan Black Rhino maka akan berubah menjadi General Franky... SUPEEEERRR!!! :v

Di bawah dek, tepat di belakang Soldier Dock System, terdapat dua ruangan untuk membuat alat-alat dan berbagai benda lain, ruangan ini adalah Workshop Usopp dan Ruang Pengembangan Senjata Franky. Kedua ruangan ini dilengkapi dengan papan gambar dan alat-alat untuk membuat rancangan dari benda-benda yang bisa digunakan oleh kru Topi Jerami nantinya.

Cola Power
Coup de Burst
Coup de Burst adalah salah satu manuver yang dimiliki oleh Sunny dan pernah digunakan untuk menghindari serangan Kakek Luffy. Pada dasarnya, Sunny menggunakan 3 drum Cola untuk menghasilkan ledakan energy dari belakang kapal yang membuatnya “meloncat” ke udara yang disebut Franky sebagai “Water Escape”. Manuver ini pernah dilakukan Going Merry ketika melarikan diri dari kepungan Buster Call di Enies Lobby, tapi pada waktu itu yang digunakan adalah “Coup de Vent” Franky.

Chicken Voyage
Chicken Voyage adalah manuver yang dapat dilakukan Sunny untuk menghindari serangan dengan mundur ke belakang. Gerakan ini dilakukan dengan memutar “surai” pada kepala kapal Sunny. Manuver ini digunakan pertama kali ketika menghindari jangkar besar yang dijatuhkan Flying Fish Riders.

Gaon Cannon
Gaon Cannon adalah meriam yang tersembunyi di balik mulut kepala kapal Sunny. Meriam ini tidak menggunakan bola meriam sebagai peluru, tapi mengeluarkan semacam gelombang perusak yang biasa disebut “Beam”. Meriam ini diaktifkan dari dalam “kepala” Sunny. Serangan ini pertama kali digunakan untuk menghancurkan sebagian markas Flying Fish Riders. Serangan ini membutuhkan 5 drum Cola. 3 drum untuk serangan, 2 sisanya untuk mengeluarkan Coup de Burst untuk menstabilkan kapal.

Tidak ada komentar: